-->
logo

February 2, 2017

7 Jembatan Terpanjang di Dunia

7 Jembatan Terpanjang di Dunia
7 Jembatan Terpanjang di Dunia, Jembatan merupakan suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua  bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, saluran irigasi dan pembuang.
Jembatan terpanjang
Baca juga : 7 Sungai Terpanjang Di Dunia

Berbicara mengenai jembatan, ternyata di belahan dunia terdapat beberapa jembatan terpanjang lho, dan tercatat dalam Guinnes World Record yaitu sebagai jembatan terpanjang di dunia. Mau tahu jembatan apa saja!

Berikut jembatan terpanjang di dunia versi mediapasti.info.

  1   Danyang - Kunshan Grand Bridge (164.800 meter)

Jembatan Terpanjang
Danyang - Kunshan Grand Bridge adalah salah satu jembatan yang dipakai sebagai jalan bebas hambatan penduduk Cina ini di Provinsi Jiangsu, di antara Shanghai dan Nanjing, Cina Timur. Secara lokasi, jembatan yang menempati urutan pertama sebagai jembatan terpanjang di dunia ini berada di Delta Sungai Yangtze. Sungai ini melewati lima kota terpada di Cina yakni berawal dari kota Danyang, Changzhou, Wuxi, Suzhou dan berakhir di kota Kunshan.

Jembatan ini dibuka secara resmi pada bulan Juni 2011. Jembatan yang panjangnyanya hampir 200 kilometer itu dikerjakan hanya dalam waktu 4 tahun dan melibatkan 10.000 pekerja. Pembangunan jembatan ini menggelontorkan dana sebesar $8.5 juta. Ketinggian jembatan ini diperkirakan sekitar 31 meter di atas permukaan laut.

  2   Tinjin Grand Bridge (113.700 meter)

Jembatan terpanjang
Tianjin Grand Bridge adalah jembatan yang terpanjang kedua di dunia yang baru selesai dibangun pada tahun 2010 untuk melayani kemudian lintas kereta api.

Jembatan ini membentang antara kota-kota Langfang dan Qingzian. Pembangunan jembatan dimulai pada tahun 2006 dan membutuhkan waktu 4 tahun untuk menyelesaikannya. Lokasi utama jembatan adalah kota Hebei di Tianjin.

Dengan jarak penghubung jembatan yang mencapai 113.700 meter atau sekitar 113,7 km (70,6 mil) membuat jembatan Tianjin grand bridge ini menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia.

  3   Weinan Weihe Grand Bridge (79.732 meter)

Jembatan terpanjang
Weinan Bridge adalah jembatan kereta api yang berada di China. Jalur kereta api yang menghubungkan kota Zhengzhou dan Xi’an di China ini merupakan jalur kereta api tercepat di kota Zhengzhou ini.

Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2008 tetapi pada saat itu, jembatan jalur kereta api ini baru bisa digunakan untuk umum setelah februari 2010. Jembatan bernama Weinan Weihe Grand Bridge ini memiliki panjangnya sekitar 79.732 meter atau (49, 5 mil). Jembatan ini merupakan bagian dari High-Speed Railway yang menghubungkan Zhengzhou dan Xi’an, di Cina.

  4   Bang Na Expressway (54.000 meter)

Jembatan terpanjang
Jembatan Bang Na Exspressway adalah jembatan yang secara resmi punya julukan Burapha Withi Expressway ini punya jarak penghubung sampai 54.000 meter. Jembatan yang terletak di Negara Thailand ini membutuhkan sekitar 1800 meter kubik beton untuk membangun keseluruhan badan jembatan. Tepat pada tahun 2010 jembatan ini resmi dibuka untuk umum. Pada tahu 2010 jembatan ini tercatat dalam Guinnes World Record sebagai terpanjang di dunia.

  5   Beijing Grand Bridge (48.153 meter)

Jembatan terpanjang
Beijing Grand Bridge adalah 48,153 meter (29,921 mil) jembatan kereta api cepat (Beijing–Shanghai High-Speed Railway),  yang terletak di Beijing. Selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka pada 2011.

  6   Lake Pontchartrain Causeway (38.442 meter)

Jembatan terpanjang
Lake Pontchartrain Causeway adalah dua jembatan yang melintasi danau Pontchartrain di selatan Louisiana, Amerika Serkat. Jembatan dengan panjang 38.442 meter atau (23.83 mil ) tercatat dalam Guinnes of Record sejak tahun 1969 sebagai jembatan terpanjang di dunia di atas air sebelum akhirnya dikalahkan oleh Jiaozhou Bay pada tahun 2011.

  7   Manchac Swamp Bridge (36.710 meter)

Jembatan terpanjang
Jembatan Manchac Swamp Bridge terletak di Louisiana, Amerika Serikat, yang memiliki panjang jalur sekitar 36,710 meter atau (22,80 mil) yang juga masuk dalam daftar jembatan terpanjang di dunia. Jembatan tersebut telah resmi dibuka sejak tahun 1979 dan menghabiskan total dana berkisar 7 juta USD.
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.