-->
logo

January 19, 2017

Perang Teraneh di dunia, terjadi karena hal sepeleh

Perang Teraneh di dunia, terjadi karena hal sepeleh
Perang Teraneh di dunia, terjadi karena hal sepeleh, Sepanjang sejarah tidak sedikit peperangan yang terjadi di dunia ini. Baik perang antar negara atau kerajaan, perang antar suku sampai perang untuk memperjuangakan kemerdekaan. Nyaris semuanya didasari oleh alasan yang serius, seperti perseteruan antar bangsa dan suku, perebutan wilayah kekuasaan dan sumber daya makanan, sampai perang melawan penjajah.
Perang
Karena hal demikian perang biasanya memakan korban paling banyak, dan mengakibatkan kerusakan yang spektakuler. Walaupun begitu ternyata ada juga perang-perang yang terjadi hanya lantaran perihal yang sepele dan bahkan mungkin konyol.

Berikut perang teraneh di dunia, terjadi karena hal sepeleh

  1   Football War

Perang
Perang Sepak bola yang juga di kenal dengan perang 100 jam merupakan perang selama empat hari yang terjadi antara El Savador dan Honduras pada tahun 1969. Perang antar 2  negara yang memang terkenal mempunyai perseteruan politik ini di picu oleh alasan yang sepele yakni persaingan antar kedua negara di ajang piala dunia.

Ketegangan kedua negara yang tidak akur ini mencapai puncaknya pada ronde kedua babak penyisihan kualifikasi piala dunia FIFA 1970. Saat itu kedua negara yang kebetulan bertemu wajib melakoni laga hom dan away untuk menentukan siapa yang lolos.

Pada lomba yang pertama yang berlangsung di ibukota Honduras Tegucigalpa, Honduras sukses memetik kemenangan. Sedangkan di pertandingan kedua yang diadakan di ibukota El Salvador, San Salvador, El Salvador lah yang sukses menang.

Baca juga: Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Tahun 2017

Sesudah pertandingan kedua ini selesai, permasalahan lalu mulai muncul saat media masa dari kedua negara mulai mengabarkan tentang kekisruhan yang terjadi selepas pertandingan berlangsung. Dan penganiyayaan terhadap suporter Honduras selama di Salvador, adanya penyerangan terhadap suporter El savador oleh masyarakat Hoduras dan polisi.

Hubungan diplomatik antar kedua negara tersebut berawal di lapangan hijau. kemudian merembet kemana-mana sampai alhasil kedua negara pada tanggal 14 Juli 1969, El Savador menyerang Honduras dan perang pun pecah antar kedua negara tersebut. Sampai akhirnya Organisation of American States, (Semacam Uni Eropanya benua Amerika), menjembatai genjatan senjata dan perundingan damai diantara kedua negara tersebut. Negosiasipun berjalan lancar dan pada akhirnya El Savador menarik tentaranya dari Honduras pada bulan Agustus 1969.

  2   335 Years Of War

perang
Perang ini spektakuler lama, 335 tahun (1651-1986), antara Belanda vs Kepulauan Scilly (southwest coast of the United Kingdom) . Namun peristiwa janggal ini tercatat sebagai perang terlama dalam catatan sejarah. Sesudah ratusan tahun, akhirnya perdamaian ditandatangani pada 1986.

  3   Emu War

perang
Emu War, juga dikenal sebagai Great Emu War. Perang ini tidak kalah anehnya, di mana operasi militer dilancarkan untuk melawan kawanan burung. Perang aneh ini terjadi tahun 1932 di Australia Barat. Pasukan Militer Australia dipimpin oleh Mayor Meredith. Tercatat, 10 senapan mesin lewis digunakan oleh para tentara. Namun perang ini sia-sia karena burung-burung yang ditembaki ini sukses kabur dengan kecepatan sekitar 50 km/jam (30 mph).

Tetapi begitu diperkirakan, ada sekitar 20  ribu burung tewas. Mayor Meredith, sang komandan, tercengang dengan hasil yang tidak diharapkan itu. Emu War pun berakhir dengan kekalahan pihak Australia.

  4   Perang Toledo

Perang
Saat ini wilayah Michigan dan Ohio yang ada di Amerika, terkenal akan rivalitas sengit antar klub Football mereka yang sudah berlangsung dari generasi ke generasi. Namun jauh sebelum itu dua wilayah yang berbatasan ini sudah terlebih dulu terlibat peperangan sengit akibat alasan yang sangat sepele.

Perang yang terjadi pada tahun 1830-an ini terjadi ketika kala itu Ohio yang baru saja diresmikan sebagai sebuah negara bagian mengklaim sepetak tanah yang terletak di perbatasan Michigan, tepatnya di kota yang bernama Toledo. Klaim Ohio atas wilayah tersebut ternyata, memicu kemarahan pemerintah Michigan yang mendorong kedua negara bagian ini dalam sebuah konflik sengit yang berujung aksi kekerasan selama beberapa minggu.

Peristiwa yang kemudian di kenal dengan sebutan "Perang Toledo" ini bahkan mulai melibatkan angkatan bersenjata di kedua belah pihak. Untungnya setelah melihat kondisi yang kian memanasi tersebut, Presiden Andrew Jackson, akhirnya turun tangan dan pada tahun 1835, Ia akhirnya berhasil mendoromg kedua belah pihak untuk melakukan gencatan senjata dan berunding. Hasilnya adalah kedua negara bagian di Amerika ini akhirnya memutuskan untuk berdamai pada tahun 1836.

  5   Perang Babi

Perang
Perang Babi atau bahasa kerenya "Pig War" Perang ini merupakan perang yang terjadi di Pulau San Juan, sebuah pulau di Vancouver, yang pada tahun 1850 dihuni oleh para petani Amerika dan juga para pekerja Inggris yang bekerja untuk perusahaan Hudson Bay.

Pig War yang  mulai meletus pada tanggal 15 Juni 1859, ini sendiri didasari oleh alasan yang sangat sepele. Kala itu seorang petani Amerika yang bernama  Lyman Cutla, menembak babi peliharaan milik pekerja Inggris, yang kedapatan merusak ladang kentang miliknya.

Akibat kematian babi ini Cutla dan pekerja Inggris tersebut kemudian terlibat perdebatan sengit yang merembet ke pertikaian antara dua kelompok masyarakat. Puncaknya adalah ketika Cutla, diancam akan di tangkap oleh pihak Inggris.

Hal ini membuat warga Amerika yang ada disana, melaporkan Insiden tersebut pada pihak militer Amerika. Mendengar laporan warganya ini militer Amerika kemudian mengirim Kapten George Pickett yang merupakan Jendral pertempuran semasa perang saudara dan sejumlah pasukan untuk pergi ke Pulau San Juan.

Setibanya di Pulau San Juan, Kapten George Pickett kemudian mendeklarasikan jika pulau San Juan, adalam wilayah kekuasaan Amerika. Hal ini memicu kemarahan Inggris yang kemudian mengirimkan armada laut bersenjata lengkapnya untuk mengepung wilayah lepas pantai pulau San Juan.

Situasi mencekam ini berlangsung selama beberapa minggu sampai akhirnya kedua belah pihak memutuskan untuk bernegosiasi.  Negosiasi ini berjalan cukup mulus hingga akhirnya pada bulan Oktober, 1859, Pig War akhirnya resmi berakhir tanpa ada pertumpahan darah yang tak berarti.

  6   Perang Anglo-Zanzibar

Perang
Perang paling aneh yang pertama adalah perang tersingkat di dunia yaitu perang Perang Anglo-Zanzibar. Perang yang terjadi pada tanggal 27 Agustus 1896, antara Inggris dan Zanzibar ini hanya berlangsung selama 40 menit saja.

Pemicu perang ini sendiri adalah kematian Sultan Hamd bin Thuwaini, Raja Zanzibar yang pro terhadap Inggris. Selepas kematian Sultan Hamd, penggantinya yaitu Sultan Khalid bin Barghash langsung naik tahta dan menjadi raja baru Zanzibar.

Hal ini memicu kemarahan pemerintah Inggris yang merasa dilangkahi, karena sesuai dengan perjanjian yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak ada tahun 1886. Sultan baru yang akan menaiki tahta harus terlebih dulu mendapatkan persetujuan dari konsul Inggris.

Hal inilah yang dilanggar oleh Khalid bin Barghash yang langsung naik tahta. Pihak Ingris yang marah kemudian memberi ultimatum pada pada Khalid untuk turun dari tahtanya, namun Khalid menolak hal tersebut dan justru merespon ultimatum dari Inggris tersebut dengan mengerahkan angkatan bersenjatanya dan membaricade istananya dari serangan Inggris.

Perlawanan Khalid ini direspon dengan keras oleh pihak Inggris yang langsung mengirimkan pasukan mereka pada pagi 27 Agustus untuk membombardir Istana Khalid. Dan karena unggul jauh baik dari segi persenjataan maupun personil, Inggris hanya memerlukan waktu kurang lebih 40 menit untuk membuat pasukan Khalid bertekuk lutut dan menyerah.

Dalam perang singkat ini sendiri setidaknya ada 500 korban dari pihak Khalid, sedangkan di pihak Inggris hanya ada satu prajurit angkatan lautnya yang mengalami cidera. Perang singkat ini pun berakhir dengan kekalahan Sultan Khalid dan hancurnya Istana kerajaan Zanzibar.

  7   The Stray Dog War

Perang
Perang konyol antara Inggris vs Zanzibar yang terjadi pada 27 Agustus 1896, hanya berlangsung selama 40 menit. Ini merupakan perang terpendek dalam sejarah. Pemicu perang adalah kematian pro Inggris, Sultan Hamd bin Thuwaini melawan penggantinya,Sultan Khalid bin Barghash.

Sesuai perjanjian yang ditandatangani tahun 1886, pengganti Sultan harus persetujuan konsul Inggris, namun Khalid melanggar perjanjian tersebut, tanpa persetujuan dari Inggris, Khalid naik tahta. Inggris marah, dan memberi ultimatum untuk segera turun tahta, namun Khalid tak mengindahkan. Sebaliknya, merespon ultimatum Inggris, Khalid mengerahkan angkatan bersenjatanya dan membaricade istananya dari serangan Inggris.

inggris berang! Sikap menantang Khalid direspon Inggris dengan serangan di pagi hari tgl 27 Agustus. Inggris membombardir Istana Khalid dan mencerai beraikan pasukan yg menjaga istana. Setidaknya ada 500 korban dari pihak Khalid, sementara hanya satu prajurit angkatan laut Inggris yang cidera. Perang singkat itu hanya berlangsung 40 menit. Sultan Khalid pun bertekuk lutut!
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.