-->
logo

January 29, 2017

7 Kuburan Teraneh dan Terunik di Dunia

7 Kuburan Teraneh dan Terunik di Dunia
7 Kuburan Teraneh dan Terunik di Dunia, Tidak sedikit bentuk makan di bumi ini tetapi walau demikian cuma sebagian saja yang terlihat unik, baik dari segit bentuk nya dan mapun dari segi penguburannya. Ini karena nilai adat istiadat masing-masing berbeda.
Kuburan Teraneh dan Terunik
Seperti halnya beberapa kuburan berikut ini, bukan hanya terlihat aneh tetapi juga terlihat unik. Berikut 7 Kuburan Teraneh dan Terunik di Dunia

  1   Terracotta, China

Kuburan Teraneh dan Terunik
Pasukan terracotta yang menakjubkan itu sempat terkubur dan dilupakan oleh sejarah, dan baru ditemukan kembali pada tahun 1974. Penemunya adalah Yang Peiyan dan beberapa petani yang sedang menggarap lahan.

Temuan ini sontak membuka tabir misteri keberadaan makam kaisar Qin Shihuang yang merupakan kaisar pertama di China yang mempersatukan dataran China. Tentara Terracotta Cina ini berkekuatan 8.000 pasukan, dan yang paling unik, setiap patung unik dan dibuat satu per satu sehingga tidak ada gambar wajah patung yang sama. Pasukan itu dibuat untuk melindungi kaisar di alam baka.

  2   Kota Mati di Ossetia Utara, Rusia

Kuburan Teraneh dan Terunik
Dari kejauhan, lembah ini dipenuhi oleh sejumlah gedung dan bangunan yang mirip dengan rumah batu, tidak jauh bedanya dengan desa-desa pada umumnya di Rusia. Namun, kalau diamati lebih teliti, ada yang janggal dengan bangunan-bangunan tersebut. Kalau kita intip ke dalam, barulah kita sadar bahwa bangunan itu isinya adalah tubuh manusia yang termumifikasi dengan pakaian yang lengkap.

Menurut kabar, pada abad ke-18, daerah Ossetia sedang mengalami wabah penyakit yang mematikan. Nah, para anggota keluarga yang terkena wabah tersebut akhirnya dikarantina dengan membuatkan bangunan yang khusus.

Bangunan itu dirancang agar anggota keluarga yang sakit itu tidak bisa kemana-mana, hanya diberi lubang kecil saja untuk memasukkan makanan ke dalam ruangan tersebut. Tentu saja yang terjadi adalah kematian pelan-pelan karena tidak ada pertolongan yang memadai bagi si sakit.

  3   Tana Toraja, Indonesia

Kuburan Teraneh dan Terunik
Tana Toraja memiliki ritual pemakaman yang dianggap paling rumit di dunia. Upacara pemakamani itu disebut dengan Rambu Solo. Rambu Solo adalah sebuah upacara pemakaman secara adat yang mewajibkan keluarga yang almarhum membuat sebuah pesta sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi. Upacara Rambu Solo sendiri memiliki sejumlah tingkatan, tergantung pada strata sosial si mendiang dan keluarganya.

Ketika tahap terakhir upacara Rambu Solo dimana jenazah dibawa ke sebuah tebing khusus untuk pemakaman. Biasanya jenazah disertai dengan patung simbolisasi penggambaran diri mendiang yang disebut dengan nama Tau-tau.  Mayat yang disimpan di tebing tersebut hanya diletakkan saja dan ajaibnya tidak pernah tercium bau busuk yang merebak.

  4   Giza Necropolis, Mesir

Kuburan Teraneh dan Terunik
Tak ada yang menandingi kompleks pemakaman yang paling megah, besar, luas, bahkan paling misterius di dunia selain Giza Necropolis. Kompleks pemakaman raja Mesir ini terdiri dari Piramida besar Giza, Piramida Khafre, Piramida Menkaure, Patung Sphinx, serta beberapa piramida-piramida kecil lain yang mengelilinginya.

Salah satu keajaiban dari pemakaman berbentuk segitiga unik ini adalah setelah diukur dengan benar oleh sejumlah ahli, maka piramida itu hanya memiliki margin error sebesar 58 milimeter!

  5   Catacomb of Paris

Kuburan Teraneh dan Terunik
The Catacombs Paris atau Catacombes de Paris adalah kuburan bawah tanah yang terkenal di Paris, Perancis. Berada di dekat stasiun Denfert-Rochereau, Paris Metro. Dibuka dan di direnovasi bagian kota besar jaringan terowongan bawah tanah dan caverns di akhir abad 18, ia menjadi daya tarik turis dalam skala kecil, dari awal abad ke-19 dan telah terbuka untuk publik secara berkala dari 1867 . Nama resmi untuk catacombs adalah l'Ossuaire municipal.

Terletak di sebelah selatan gerbang kota pertama, "Barriere d'Enfer", osuarium merupakan bagian yang direnovasi dari gua-gua dan terowongan yang merupakan sisa-sisa tambang batu Paris.

Baca juga : 7 Kota Bawah Tanah Yang Tersebunyi Di Dunia

Catacombs of Paris bukanlah kuburan bawah tanah biasa, melainkan sebuah Ossuary. Ossuary adalah tempat ditaruhnya tulang-belulang manusia yang sebelumnya jasadnya dibakar terlebih dahulu di sebuah kuburan sementara, lalu setelah beberapa tahun sisa tulang-belulangnya dipindahkan di Ossuary tersebut.

Dikatakan bahwa pada akhir abad ke-17 banyak warga paris meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh polusi akibat pembakaran tidak sempurna oleh pabrik-pabrik di perancis (ketia revolusi industri). Akibatnya, jumlah pemakaman tidak memadai lagi. Adalah Letnan Jenderal Polisi Alexandre Lenoir yang pertama kali mencetuskan untuk menggunakan l’Ossuaire Municipal yang awalnya hanyalah terowongan bawah tanah biasa menjadi sebuah Ossuary pada tahun 1786-87.

  6   Capuchin Catacombs of Palermo, Italia

Kuburan Teraneh dan Terunik
Catacombs Capuchins dikenal sebagai tempat wisata yang terkenal karena tempatnya yang mengerikan serta merupakan tempat yang sangat bersejarah. Catacombs sendiri menurut wikipedia artinya adalah sebuah sebuah lorong yang berada di bawah tanah yang digunakan untuk pemakaman atau pun perlindungan.

Catacombs Capuchins di Palermo pada awalnya merupakan sebuah biara di abad ke-16 sampai biarawan di sana mulai menggali kriptus di bawahnya. Pada 1599 saudara dari biarawan Silvestro dari Gubbio meninggal lalu mereka jadikan mumi dan disimpan di dalam Catacombs. Nah dari situlah Catacombs Kapusin mulai dijadikan tempat untuk menaruh mayat para biarawan.

Mayat-mayat itu dikeringkan lalu diletakkan di rak pipa keramik di dalam Catacombs dan kadang kala dicuci dengan cuka. Beberapa mayat pun dibalsem lalu ditaruh pada lemari kaca tertutup. Biarawan yang meninggal diawetkan dengan mengenakan pakaian sehari-hari mereka dan kadang-kadang diikat dengan tali sebagai tanda penebusan dosa .

  7   Taj Mahal, India

Kuburan Teraneh dan Terunik
Taj Mahal bisa dianggap sebagai makam terindah yang pernah dibangun karena di dalamnya bersemayam makam Raja Shah Jahan dan permaisurinya yang sangat dia cintai, Mumtaz Mahal.

Bangunan ini merupakan simbol dari kebesaran dinasti Mughal yang sangat termasyur di India. Pada masa kekaisaran dinasti Mughal, India mencapai masa keemasannya, dan Taj Mahal adalah salah satu bukti kebesarannya.

Selain membuktikan kekayaan dinasti Mughal (penggunaan batu marbel dan segala perniknya yang sangat detil menunjukkan besarnya kekayaan dinasti tersebut), juga keindahan arsitekturnya yang sangat menawan dan sangat simetris.
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.